MET News

Tiga PLTP akan Dibangun di Tahun Ini

2014-04-01 12:38:30

JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menargetkan penambahan pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) sebesar‎ 62 megawatt di tahun ini. Penambahan pembangkit listrik ini untuk Jawa Barat dan Nusa Tenggara Timur.PLTP Patuha di wilayah kerja pertambangan Pangalengan, Jawa Barat akan menghasilkan listrik sebesar 55 mw. "Di Patuha rencana operasi Agustus 2014. Pengembangnya ialah PT Geodipa dengan nilai investasi sebesar US$115 juta," ujar Direktur Panas Bumi Direktorat Jenderal EBTKE Kementerian ESDM Tisnaldi di kantornya, Jakarta, Selasa (11/3).

PLTP kedua ialah Cibuni yang akan menghasilkan listrik sebesar 2 mw di Pangalengan, Jawa Barat. "Pengembangnya ialah Koperasi Jasa Keahlian (KJK) Teknosa dengan total investasi US$26,7 juta. Rencana operasi PLTP ini dimulai Desember 2014," terangnya.

Terakhir ialah PLTP Ulumbu di Nusa Tenggara Timur yang akan menghasilkan listrik 5 mw. PLTP yang akan beroperasi mulai Desember 2014 ini dikerjakan PLN dengan total nilai invstasi sebesar Rp40 miliar. "Listrik dari Patuha dijual ke PLN seharga 6,82 sen dolar AS/kwh dan listrik dari Cibuni 6,7 sen dolar AS/kwh," ujarnya.

PLTP itu akan melengkapi 10 PLTP yang telah dibangun yaitu Sibayak di Sumatra Utara, PLTP Salak, PLTP Wayang Windu,PLTP Kamojang, PLTP Drajat di Jawa Barat, PLTP Dieng di Jawa Tengah, PLTP Lahendong di Sulawesi Utara, PLTP Ulubelu di Lampung, PLTP Ulumbu, dan PLTP Mataloko di NTT.

 

ESDM: Tiga PLTP akan Dibangun di Tahun Ini

LATEST POSTS

Starting a new business
12 February 2013

ADVERTISEMENT