MET News

Bertemu PM Selandia Baru, Wapres Jajaki Kerja sama Geotermal

2014-04-01 12:25:25

Den Haag, Tambangnews.com.- Wakil Presiden (Wapres) Boediono bertemu dengan PM Selandia Baru John Key di ruang pertemuan bilateral World Forum, Den Haag, Senin (24/3), pukul 18.20 waktu setempat atau pukul 00.20 WIB.

Mengawali pertemuan, PM Selandia Baru memuji pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Selain itu, PM Selandia Baru juga menanyakan tentang pelaksanaan pemilu di Indonesia serta perkembangan Bali Process terkait dengan manusia perahu.

Dalam kesempatan tersebut, Wapres menyampaikan bahwa untuk menjaga pertumbuhan ekonomi, Indonesia sangat menjaga ketahanan pangan. “Kami harus terus-menerus memantau produksi pangan dan jangan sampai terjadi kenaikan harga pangan,” ujar Wapres seperti dilansir oleh situs resmi Setkab RI.

Saat ini, kata Wapres, Indonesia tengah melakukan persiapan pelaksanaan pemilu. “Tentunya, dengan persiapan yang cukup baik, Indonesia optimistis pelaksanaan pemilu dapat berjalan dengan damai, tenteram, dan demokratis,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Wapres mengharapkan kerja sama pemanfaatan energi energi panas bumi, geotermal, dengan Selandia Baru. “Di Selandia Baru banyak pembangkit listrik yang menggunakan tenaga panas bumi. Sedangkan, Indonesia memiliki potensi tenaga panas bumi terbesar di dunia, tetapi pemanfaatannya belum optimal,” tambah Wapres.

Bali Process
Sementara terkait perkembangan Bali Process, Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa menjelaskan bahwa negara-negara di kawasan telah menyepakati suatu mekanisme penyelesaian yang inklusif, melibatkan negara asal, negara transit dan negara tujuan, yang dinamakan Bali Process.

“Saat ini tengah diupayakan agar semua negara anggota kembali menggunakan mekanisme yang mencakup seluruh aspek permasalahan (prevention, detection dan protection), dan bukan menggunakan kebijakan yang unilateral/sektoral,”  jelas Menlu.

Dalam pertemuan tersebut, Wapres didampingi Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, Kepala UKP4 Kuntoro Mangkusubroto, Sekretaris Wakil Presiden Mohamad Oemar dan Deputi Seswapres Bidang Politik Dewi Fortuna.

LATEST POSTS

Starting a new business
12 February 2013

ADVERTISEMENT