Indomineralmining.com - Biji Besi - Batubara - Take Over - Joint Operation - Lahan Tambang - KALTIM - KALSEL - KALTENG - KALBAR
0 item
News
6 September 2012
TAMBANG BATU BARA: Produksi Sumsel Diprediksi Turun 20%
PALEMBANG: Produksi batu bara Sumatra Selatan diperkirakan turun sampai 20% akibat turunnya harga penjualan komoditas terus merosot sejak tiga bulan terakhir. detail

27 Juli 2012
“Berebut”Izin Tambang-Batas Wilayah Kaltim-Kaltara Belum Klir
SAMARINDA – Seiring pembahasan Rancangan Undang-Undang Daerah Otonomi Baru (RUU DOB), perbatasan Kaltim dengan calon pemekarannya, Kalimantan Utara (Kaltara) masih bermasalah. Dua kabupaten rupanya sedang berebut wilayah karena sama-sama mengeluarkan izin pertambangan batu bara. detail

25 Juli 2012
Inilah Izin Pertambangan yang Clear and Clean
INILAH.COM, Jakarta - Dirjen Minerba, Kementerian ESDM mengungkapkan dari sebanyak 10.566 izin usaha pertambangan (IUP) mineral dan batu bara, baru ada 4626 IUP yang sudah dinyatakan clear and clean (CNC). detail

10 Juli 2012
Rusia Segera Bangun Jalan Kereta Api Kalimantan
Moskwa (ANTARA News) - Rusia segera merealisasikan investasi untuk pembangunan jaringan kereta api sepanjang 240 km di Kalimantan senilai 2,5 miliar dolar AS. detail

16 Agustus 2011
20 Izin Galian C Dikeluarkan
BANGKO – Terhitung Juli 2011, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah mengeluarkan 20 izin pertambangan mineral non logam (galian C) yang beroperasi di berbagai kecamatan di Kabupaten Merangin. detail

16 Agustus 2011
Pertambangan dan Energi Masih Dominan
NUNUKAN- Kepala Badan perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Nunukan, Hanafiah, menjelaskan bahwa pertumbuhan ekonomi Kabupaten Nunukan hingga saat ini masih didominasi sektor pertambangan dan energi, dibandingkan sektor pembangunan lainnya. detail

12 Juli 2011
Rita: Tak Ada Tumpang Tindih Lahan di Tahura
SAMARINDA – Bupati Kukar Rita Widyasari mengatakan tidak ada tumpang tindih antara lahan Taman Hutan Raya (Tahura) Bukit Soeharto dengan lahan tambang batu bara yang ada di sekitar sana. detail

» index berita
Testimonial
M. Reza
ANDA BUTUH FUNDER UNTUK TRANSAKSI LC ANDA? Kami akan bantu anda untuk mendanai LC tersebut untuk transaksi hasil tambang batubara,nikel,pasir/bijih besi,dll. Segera kirim draft kontrak, LC, dan PB tra... detail

M. Reza
Jual batubara asal Kalsel : 1. Kal 6300-6100 kcal/kg, kontrak 50.000 MT/shipment, Rp. 700.000/MT, FOB MV, cash. 2. Kal 5800-5600 kcal/kg, kontrak 50.000 MT/shipment, Rp. 570.000/MT, FOB MV, cash. 3... detail

M. Reza
ANDA BUTUH FUNDER UNTUK TRANSAKSI LC ANDA? Kami akan bantu anda untuk mendanai LC tersebut untuk transaksi hasil tambang batubara,nikel,pasir/bijih besi,dll. Segera kirim draft LC dan draft PB transak... detail

M. Reza
Jual batubara asal Kaltim : 1. Kal 6300-6100 kcal/kg, kontrak 50.000 MT/shipment, US$ 97/MT FOB MV, cash. 2. Kal 6300-6100 kcal/kg, kontrak 50.000 MT/shipment, US$ 104/MT FOB MV, L/C at sight. 3. K... detail

indra
mo cari iron ore fe 63-61, fob mv pembyaran bisa lc ato cash? cash urgetn fob mv usd 93 bisa supply,...kalo lc sekarang brp ya...?

» isi testimonial
» lihat testimonial
News

Luas KP Batu Bara Tiga Juta Hektare

4 Juni 2009

Ada 1.180 Izin, Belum Termasuk PKP2B, Kukar Paling Banyak

SAMARINDA – Fantastis. Luasan kuasa pertambangan (KP) batu bara se-Kaltim mencapai 3 juta hektare. Jumlah ini merupakan akumulasi izin yang dikeluarkan pemerintah kabupaten dan kota sejak berlakunya otonomi daerah 8 tahun silam.

Dari data yang dirilis Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Kaltim, total jumlah KP mencapai 1.180 izin, dengan luas 3,08 juta hektare. Dari jumlah itu, sebanyak 391 ribu hektare yang berasal dari 260 izin KP sudah masuk tahap eksploitasi.

Dilihat dari jumlah izin KP, dari 14 kabupaten dan kota, Kutai Kartanegara (Kukar) menempati peringkat teratas dengan 271 izin KP. Diikuti Kutai Barat 138, dan Paser 73 izin KP. Sedangkan dari luasan, peringkat pertama juga ditempati Kukar dengan 1,2 juta hektare, diikuti Kutai Timur seluas 670 ribu hektare, dan Kutai Barat dengan 395 ribu hektare (selengkapnya lihat grafis).

Luas 3 juta hektare ini barulah KP batu bara yang izinnya dikeluarkan pemkab/pemkot, belum termasuk izin Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B) yang dikeluarkan pusat. Menurut informasi, jumlahnya jauh lebih besar.

Sebelumnya, Kepala Distamben Kaltim Yakub mengungkapkan angka 1.180 izin KP itu sudah sangat banyak. “Nantinya pemerintah kabupaten kota juga yang kesulitan mengawasi. Pastinya, makin banyak tambang, masalah jadi tambah banyak,” katanya.

Dijelaskan, data-data ini mulai dikumpulkan setelah beberapa pejabat dinas terkait di kabupaten kota mengalami pergantian. “Artinya, sekarang sudah ada transparansi,” sebutnya.

Jumlah izin KP sedemikian banyak juga mengagetkan Kepala Badan Lingkungan Hidup ((BLH) Kaltim Tuparman. Dikatakan, BLH segera berkoordinasi dengan Distamben Kaltim dan Dinas Kehutanan Kaltim membahas banyaknya izin ini. “Segera akan berkoordinasi. Tujuannya untuk mengevaluasi bagaimana kondisi lingkungan Kaltim dengan luas KP sedemikian,” sebutnya.

Menurut Tuparman, dari segi lingkungan, perlu dilihat bagaimana daya dukung lingkungan terhadap daya guna lingkungan. “Jika memang daya dukung lingkungan tak mampu lagi, perlu evaluasi keberadaan pertambangan. Tapi yang jelas, perlu kajian lagi,” sambungnya.

Ditambahkan, selama ini, kasus-kasus yang muncul adalah masalah reklamasi bekas lahan tambang. “Dulu, reklamasi lahan boleh dilakukan perusahaan lain. Tapi kini, dengan adanya peraturan baru, reklamasi harus dikerjakan perusahaan yang menambang. Diharapkan, dengan peraturan itu, kewajiban reklamasi dapat dipenuhi,” imbuhnya.

Sebelumnya, sehubungan dengan jumlah KP ini, Wakil Gubernur Kaltim Farid Wadjdy menyatakan, akan menggelar pertemuan bersama seluruh kepala daerah.

“Sebenarnya, di tingkat SKPD (satuan kerja perangkat daerah, Red.), antara pemprov dan pemkab/pemkot sudah sering bertemu membahas masalah pertambangan,” ujarnya.

Sedangkan di tingkat kepala daerah, sambung Farid, sempat sekali bertemu. “Masalah batu bara ini ‘kan sudah lama terjadi di Kaltim. Tapi baru sekarang mencuat. Saya salut kepada media yang gencar memberitakannya, dan kami pasti merespons,” ujarnya.

Selain itu, sambungnya, dalam bulan ini, pemprov juga menggelar rapat koordinasi sektor pertambangan. “Nanti di rakor itu, juga bisa diketahui, apa permasalahan yang dihadapi sektor pertambangan,” terangnya. (*/fel)

Sumber :
http://www.kaltimpost.web.id/index.php?mib=berita.detail&id=27039



Baca juga
  » 6 September 2012
TAMBANG BATU BARA: Produksi Sumsel Diprediksi Turun 20%
PALEMBANG: Produksi batu bara Sumatra Selatan diperkirakan turun sampai 20% akibat turunnya harga penjualan komoditas terus merosot sejak tiga bulan terakhir.

  » 27 Juli 2012
“Berebut”Izin Tambang-Batas Wilayah Kaltim-Kaltara Belum Klir
SAMARINDA – Seiring pembahasan Rancangan Undang-Undang Daerah Otonomi Baru (RUU DOB), perbatasan Kaltim dengan calon pemekarannya, Kalimantan Utara (Kaltara) masih bermasalah. Dua kabupaten rupanya sedang berebut wilayah karena sama-sama mengeluarkan izin pertambangan batu bara.

  » 25 Juli 2012
Inilah Izin Pertambangan yang Clear and Clean
INILAH.COM, Jakarta - Dirjen Minerba, Kementerian ESDM mengungkapkan dari sebanyak 10.566 izin usaha pertambangan (IUP) mineral dan batu bara, baru ada 4626 IUP yang sudah dinyatakan clear and clean (CNC).

  » 10 Juli 2012
Rusia Segera Bangun Jalan Kereta Api Kalimantan
Moskwa (ANTARA News) - Rusia segera merealisasikan investasi untuk pembangunan jaringan kereta api sepanjang 240 km di Kalimantan senilai 2,5 miliar dolar AS.

  » 16 Agustus 2011
20 Izin Galian C Dikeluarkan
BANGKO – Terhitung Juli 2011, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah mengeluarkan 20 izin pertambangan mineral non logam (galian C) yang beroperasi di berbagai kecamatan di Kabupaten Merangin.

Information
Anda pengunjung ke-284,081
Live Chat Jakartaindomineralmining
Search
Search:
USD Calc
US$ x Rp. 9,850 =
Rp.  
 

© 2008-2012 indomineralmining.com